teman saya, Omar, mengirimkan foto ini dari Siberia. sebuah truk UAZ buatan Rusia.

untuk lebih jauhnya bisa dibaca disini: http://en.m.wikipedia.org/wiki/UAZ-452

dia bilang, surprisingly sangat nyaman walaupun bentuknya seperti truk perang era 1940an. mesinnya juga gak gede2 amat, 2500cc bensin yg sanggup minum bbm oktan rendah (74 minimum, rekomendasi 76).

bayangkan, dengan segala keterbatasan yang ada, mereka tetap mempunyai solusi transportasi yang disesuaikan dengan keadaan bangsanya. gak ada istilah gengsi.

beda dengan di negara kita, bangun motor mobil traktor sendiri gak bisa ada suratnya, bangun kapal laut sendiri gal bisa punya izin berlayar kalo gak ikutan ‘jalur’ yg udah ada dan bangun pesawat sendiri dianggap terlalu ambisius.

kapan atuh mau majunya? kan solusi transport gak cuma untuk menghindari macet Jakarta. transport antar pulau di Kepualuan Riau gimana? mekanisasi pertanian di Papua selatan gimana?

View on Path

Advertisements

About pramaditia

roni.pramaditia@gmail.com View all posts by pramaditia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: