Sosok wanita yg duduk di tengah dalam foto diatas,adalah Tjut Nyak Dien.

Foto ini adalah foto saat beliau diasingkan ke Sumedang oleh pemerintah Belanda,setelah sebelumnya Tjut Nyak Dien ditangkap di Babah Krueng Manggeng,Aceh Barat.

Kisah penangkapan beliau bermula dari pengkhianatan yang dilakukan oleh salah satu orang kepercayaannya yaitu Pang Laot Ali (dlm foto berdiri di ujung belakang sebelah kanan),yang tidak tega melihat kondisi beliau yang sakit2an dan seringkali kelaparan di dalam hutan selama perang gerilya. Kepada Belanda ia melaporkan lokasi persembunyian Tjut Nyak Dien dgn beberapa syarat diantaranya,tidak melakukan kekerasan dan harus memperlakukan Tjut Nyak Dien dengan hormat.

Begitu teguhnya pendirian Tjut Nyak Dien,ketika sudah terkepung dan hendak ditangkap pun dia masih sempat mencabut rencong dan berusaha melawan pasukan Belanda.

Ketika akhirnya tertangkap,wanita yang sudah tak berdaya dan rabun ini,mengangkat ke dua belah tangannya dengan sikap menentang.
Dari mulutnya terucap kalimat,
“Ya Allah ya Tuhan,inikah nasib perjuanganku?
Di dalam bulan Ramadhan aku diserahkan kepada kafir !”

Tjut Nyak Dien marah luar biasa kepada Pang Laot. Sedangkan kepada Letnan Van Vureen yang memimpin operasi penangkapan itu,sikap menentang mujahidah ini masih nampak dengan mencabut rencong hendak menikamnya.

Tapi walaupun di dalam tahanan,Tjut Nyak Dien masih melakukan kontak atau hubungan dengan para pejuang yang belum tunduk. Tindakannya itu membuat pihak Belanda marah sehingga beliau pun akhirnya dibuang ke Sumedang Jawa Barat hingga akhir hayatnya.

Tjut Nyak Dien meninggal tanggal 6 november 1908 dan dimakamkan secara hormat di Gunung Puyuh, sebuah komplek pemakaman para bangsawan pangeran Sumedang, tak jauh dari pusat kota Sumedang. Sampai wafatnya, masyarakat Sumedang belum tahu siapa sesungguhnya perempuan yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat itu, bahkan hingga kemerdekaan Indonesia.

View on Path

Advertisements

About pramaditia

roni.pramaditia@gmail.com View all posts by pramaditia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: