Monthly Archives: October 2013

gudeg manggar

ini sih judulnya saja gudeg manggar, karena terinspirasi dari makanan jawa khas daerah sini.

hari ini kami dari Medco Foundation berkunjung ke salah satu project kami Pustaka Desa yang kami mulai bangun di tahun 2011.

ide dasar PusDes ini adalah eradikasi buta huruf, meningkatkan minta baca dan skill masyarakat

sebelum ide PusDes ini menjadi kenyataan, kami lakukan prototyping untuk masyarakat desa Wukirsari. awalnya, malah kami berpikir bantuan hewan ternak dengan skema livestock revolving fund. setelah pivoting untuk beberapa saat, akhirnya produk kami bertrasnformasi menjadi Pustaka Desa. butuh 2 bulan untuk mematangkan produk ini sebelum kami ajukan ke pihak donor. jika donor setuju dengan bentuk kerjasama ini, tugas kami hanya monitoring, evaluasi dan training agar PusDes swakelola.

bentuk Pustaka Desa ini menarik karena selain menjadi swakelola oleh masyarakat. juga dirawat dengan apik karena menjadi sumber pendapatan baru bagi desa Wukirsari. sangat menarik untuk di replikasi.

tertarik untuk membangun? kontribusi? -> rr@medcofoundation.org

IMG_7513

 


jangan ganggu proses seleksi natural

tadi pagi gue naik ojek dari area jeruk purut ke arah scbd. ada sekitar 2-3 kali gue lihat anak sekolah baik dibonceng maupun naik motor sendiri menuju sekolah dengan berbagai macam ketidak cocokan.

1. anak kecil dibonceng tanpa helm tapi yg bawa ugal-ugalan. gue tau nyari helm untuk anak kecil susah dan mereka harus masuk rata2 pagi antara 6.30 – 7.00. tapi bukan berarti kudu dianter sama ojeg langganan dan tanpa helm kan? walaupun jaraknya deket. apa yg kita ajarkan ke anak-anak kita?
– kalo sedikit dan gak ketahuan, gak papa potong aturan sedikit.
– walau bahaya yang penting kamu sekolah tiap pagi.
bibit korupsi bukan nih?

2. anak smp-sma boncengan bertiga gak pake helm ke sekolah. gue ngerti ini cikal bakal carpooling atau mirip dengan @nebengers. tapi safety dan regulations diabaikan. i dont who’s to blame. education system? or our parenting knowledge is really that bad.
is this a call for educational transformation?

tapi ya kita bicara tentang pendidikan untuk 240jt orang. emang perlu free thinker untuk berinovasi dan military discipline untuk aplikasinya. untuk support memang perlu bisnis sector sebagai penyerap utama sdm. and we need a good helms man on this big boat.

jangan sampai anak-anak tadi kecelakaan atau tidak survive dan kita menyebutnya porses seleksi natural. seperti yang saya gumamkan dalam hati tadi pagi ketika beberapa saat mereka berada di kondisi yang ‘nyaris aja’.

your call my good readers….


dude, where’s my Triumph?

jangan tanya kenapa gue kesel…

setelah 3 tahun yang lalu gue beli mesin Buell dan mesin Triumph.

hari ini yang gue lihat hanya ini:

IMG_7190ini baru yang Buell, yg Triumph mana?

jangan tanya kenapa gue kesel…